Benarkah Kolesterol Tinggi Dapat Memicu Kematian Secara Mendadak ?

Benarkah Kolesterol Tinggi Dapat Memicu Kematian Secara Mendadak ?

Benarkah Kolesterol Tinggi Dapat Memicu Kematian Secara Mendadak ?

Kolesterol tinggi & kematian – Pada beberapa kasus, kolesterol tinggi sering kali tidak menyebabkan gejala khusus, namun pada sebagian kasus tertentu kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga dapat menimbulkan gejala.

Baca juga :

dr. Bahdar T. Johan, SpPD, ahli penyakit dalam RS Premiere Bintaro menjelaskan bahwa kolesterol tinggi paling sering tanpa gejala, tapi ada juga beberapa gejala yang di dapat. Gejala yang paling umum dari kolesterol tinggi ialah kebas atau kesemutan. Ini terjadi karena adanya gangguan aliran darah tidak lancar sehingga ada saraf yang tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup.

Saat ini diketahui bahwa kandungan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh bisa memicu terjadinya kematian mendadak sebagai akibat dari serangan jantung, ungkap pakar Penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr dr Ari Fahrial Syam.

Benarkah ?

Kolesterol tinggi adalah jenis penyakit yang termasuk ke dalam penyakit silent killer yang sebagian besar muncul tanpa ada gejala. Seseorang dapat diketahui memiliki kadar kolesterol tinggi jika sudah memerisakan ke dokter. Penyakit silent killer sendiri merupakan jenis penyakit yang dapat hadit tanpa ada ciri namun dapat mengancam jiwa bahkan kematian.

Bagaimana kolesterol tinggi dapat menyebabkan kematian mendadak ?

Kematian mendadak akibat kolesterol tinggi tidak terjadi secara langsung, namun lebih terjadi sebagai akibat dari komplikasinya. Kadar kolesterol tinggi dalam darah telah dikaitkan dengan aterosklerosis.

Atherosclerosis terjadi saat plak (deposit keras kolesterol dan zat lain dari darah) terbentuk di dinding pembuluh darah, yang membuat mereka lebih keras dan sempit. Plak juga bisa putus, meningkatkan risiko pembekuan darah yang bisa menghalangi pembuluh darah. Hal ini meningkatkan risiko :

  1. Serangan jantung : Bila pembuluh darah yang memasok jantung terhalang oleh bekuan darah, bagian otot jantung bisa mati karena kekurangan oksigen dan nutrisi.
  2. Stroke : Bila pembuluh darah yang memasok otak diblokir oleh gumpalan darah, kematian jaringan tiroid dan kerusakan mungkin terjadi karena kurangnya suplai darah.
  3. Angina : Bila pembuluh darah yang memasok jantung menyempit, mencegah jantung mendapatkan semua oksigen yang dibutuhkannya (tapi cukup sehingga otot tidak mati), nyeri dada bisa berkembang.
  4. Penyakit pembuluh darah perifer, juga disebut penyakit arteri perifer : Bila pembuluh darah yang memasok lengan dan kaki menyempit atau tersumbat, rasa sakit saat menggunakan anggota badan yang terkena dapat terjadi.

Laman medbroadcast.com menjelaskan bahwa jika tidak diobati penyakit kolesterol tinggi ini dapat mengakibatkan komplikasi serius, bahkan kematian.

Sementara itu,dokter Ari Fahrial Syam melalui antaranews.com menambahkan bahwa kadar kolesterol berlebih bisa berakibat fatal. Beliau juga melanjutkan bahwa olesterol tinggi merupakan `silent killer` atau pembunuh tersembunyi yang sering tidak disadari. Kandungan kolesterol yang tinggi dalam tubuh kerap tak dirasakan, padahal dampaknya mematikan.

Ari menjelaskan kolesterol berlebih yang menumpuk pada pembuluh darah akan membuat saluran itu menyempit dan terus menyempit, hingga akhirnya pembuluh darah buntu yang bisa menyebabkan kematian secara mendadak.

Jika yang mengalami penyempitan pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung bisa menyebabkan penyakit jantung koroner, kalau pembuluh darah di otak menyebabkan stroke, lumpuh separuh badan, dan kematian mendadak,” katanya.

Itulah alasan mengapa Anda harus mengetahui kadar kolesterol dalam darah Anda, hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari penyakit silent killer ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Gejala dan ciri syaraf kejepit

Makanan yang sehat untuk penderita kolesterol tinggi

Posted by Spesialistulangdansendi.id

Benarkah Kolesterol Tinggi Dapat Memicu Kematian Secara Mendadak ?

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.