Uncategorized

Benarkah Penyakit Saraf Kejepit Bisa Menyebabkan Kelumpuhan ?

Benarkah Penyakit Saraf Kejepit Bisa Menyebabkan Kelumpuhan ?

Benarkah Penyakit Saraf Kejepit Bisa Menyebabkan Kelumpuhan ?

Syaraf kejepit menyebabkan kelumpuhan – Syaraf kejepit mengacu pada kondisi yang biasanya mengganggu tulang pada beberapa bagian tubuh Anda baik itu leher, pinggang, tulang belakang, kaki dan bagian tubuh lainnya.

Baca juga :

Gejala umum dari gangguan pada tulang ini ialah nyeri pada bagian tubuh yang terkena, mati rasa atau kesemutan dan kelemahan otot di daerah yang terkena. Gejala tersebut juga dapat lebih buruk ketika Anda tidur.

Sampai saat ini, gangguan syaraf kejepit masih dianggap sebagai kondisi sepele yang banyak di biarkan begitu saja tanpa pengobatan serius. Padahal menurut laman health.detik.com, jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan kerusakan bahkan kelumpuhan permanen.

Lalu, benarkah penyakit syaraf kejepit ini dapat membuat lumpuh ?

Dilihat dari jenis penyakitnya, syaraf kejepit memang bukanlah penyakit yang dapat menyebabkan kematian secara langsung. Namun gangguan tulang ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya jika dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan yaitu kelumpuhan permanen seperti yang telah kami singgung diatas.

Dikutip dari laman health.detik.com, penyakit syaraf kejepit ini dapat menyebabkan berbagai dampak buruk seperti :

Kerusakan jaringan saraf

Saraf terjepit dapat menimbulkan sensasi kesemutan, rasa terbakar atau seperti ditusuk-tusuk pada daerah tersebut. Jika kondisi ini terabaikan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan jaringan saraf. Kerusakan saraf ini bisa mengakibatkan hilangnya koordinasi fisik dan keseimbangan serta sensitivitas yang ekstrim pada semua jenis kontak fisik.

Terganggunya komplesitas dari jaringan saraf

Saraf seseorang terdiri dari jaringan saraf yang berjumlah miliaran, dan tubuh seseorang bisa berfungsi dengan baik karena adanya jaringan saraf tersebut. Jika ada salah satu jaringan yang rusak, maka bisa mempengaruhi seluruh jaringan saraf lain di tubuh.

Misalnya jika ada saraf terjepit di tangan seperti carpal tunnel syndrome akan mengakibatkan mati rasa, nyeri dan kelemahan. Jika kondisi ini diabaikan atau tidak segera diobati, maka jaringan saraf disekitarnya juga akan terganggu dan otot-otot di tangan serta pergelangan kemungkinan menyusut sehingga mengakibatkan kelemahan akut.

Sementara itu, pada kasus yang lebih parah penyakit syaraf kejepit juga ternyata memerlukan tindakan operasi. Tindakan operasi ini dilakukan jika jepitan saraf sudah mengancam terjadinya kerusakan saraf.

Kesimpulannya ialah bahwa penyakit syaraf kejepit tidak dapat menyebabkan kematian secara langsung, hanya saja dapat menyebabkan kelumpuhan jika tidak diobati dengan baik & benar. Semoga informasinya bermanfaat, terimakasih 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Jelly Gamat QnC

Penyebab Syaraf Kejepit

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat

Posted by Spesialistulangdansendi.id

Benarkah Penyakit Saraf Kejepit Bisa Menyebabkan Kelumpuhan ?

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *